Categories
Uncategorized

Ragam Manfaat Cuci Hidung Dan Cara Tepat Melakukannya

Jika Anda mengeluhkan seringnya mengalami flu atau penyakit pernafasan lainnya, mungkin dengan melakukan cuci hidung bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda. Cuci hidung saat flu biasanya dianjurkan jika Anda terbilang sering mengalami penyakit influenza. Bisa jadi rongga hidung Anda perlu tindakan pembersihan untuk mencegah terjadinya flu secara berulang.

Manfaat Lakukan Cuci Hidung dan Cara Melakukannya dengan Benar

Hidung adalah salah satu organ tubuh yang menjadi pintu utama untuk masuknya udara ke saluran nafas Kita. Dalam rongga hidung dilengkapi dengan lapisan lendir serta rambut halus yang umum disebut sebagai sistem transpor mukosilier. Lapisan inilah yang berfungsi untuk melakukan penyaringan, melembabkan dan menghangatkan udara yang masuk.

Sekaligus menjadi sistem pertahanan hidung dari virus, bakteri, jamur serta partikel berbahaya lainnya yang ikut masuk bersama dengan udara yang terhirup oleh hidung. Berikut beberapa manfaat dari melakukan cuci hidung.

 1.  Membersihkan hidung

Praktik cuci hidung saat flu akan membantu Anda untuk membersihkan rongga hidung secara maksimal. Dimana hidung akan dibersihkan dari debu, polusi dan partikel berbahaya lainnya yang ikut masuk saat udara terhirup hidung.

 2.  Mencegah terjadinya radang hidung

Melakukan cuci hidung akan membantu untuk membersihkan hidung dari berbagai penyebab radang hidung sekaligus bisa mengurangi gejala asma dan selesma.

 3.  Menjaga tingkat kelembaban hidung

Rongga hidung yang kering tentunya akan mudah dimasuki berbagai jenis bakteri dan virus. Sehingga rongga hidung harus tetap terjaga kelembabannya. Caranya dengan melakukan cuci hidung. Yang juga bermanfaat untuk mencegah hidung menjadi tempat berkumpulnya bakteri.

4. Mengencerkan lendir yang kental

Jika Anda mengalami flu berat dengan lendir kental yang sulit keluar dan menyebabkan hidung tersumbat maka cuci hidung saat flu berat sangat disarankan untuk dilakukan. Cuci hidung akan membantu proses pencairan lendir yang kental sehingga lebih mudah dikeluarkan dan pernafasan Anda pun lebih lega serta tak tersumbat lagi.

Cara Melakukan Cuci Hidung Dengan Baik dan Benar

Cuci hidung sebenarnya merupakan praktik kesehatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Praktik ini sendiri bisa dilakukan oleh semua kalangan usia dari mulai usia 2 tahun dengan syarat sudah bisa mengikuti instruksi hingga dewasa. Alat untuk melakukan cuci hidung sendiri bisa dibeli di apotek terdekat dengan bebas tanpa perlu resep apa pun.

Siapkan beberapa alat untuk melakukan cuci hidung seperti cairan pencuci hidung, transofix, spuit ukuran 10 CC dan wadah seperti gelas atau mangkok.

Jika Anda belum pernah melakukan cuci hidung sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter THT terdekat tempat tinggal Anda. Lakukan jika menurut dokter aman dilakukan sendiri di rumah. Sambungkan transofix ke botol cairan pencuci hidung. Tuang cairan ke wadah yang sudah disiapkan.

Ambil cairan yang dibutuhkan untuk cuci hidung dengan menggunakan spuit tanpa jarum. Tundukkan kepala dan miringkan sesuai posisi hidung yang akan dicuci. Masukkan cairan pencuci hidung dengan posisi spuit lurus ke dalam lubang hidung dengan kondisi mulut yang terbuka dan Anda menahan nafas sementara.

Bersihkan sisa cairan yang tertinggal di dalam hidung dengan menggunakan tisu. Pastikan alat dan tangan yang Anda gunakan sudah bersih tidak terkontaminasi kuman atau bakteri sebelum melakukan cuci hidung saat flu.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email Anda di Jovee. Untuk mendapatkan cara hidup sehat yang terbaik buat Anda plus suplemen dan vitamin, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan tips kesehatan terbaik hanya dari Jovee. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *