Categories
Makanan

Rekomendasi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Mudah dan Murah

makanan 4 sehat 5 sempurna

Anak memerlukan gizi yang cukup untuk bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal. Salah satunya adalah makanan yang ia konsumsi. Oleh karenanya, sebagai orang tua kita harus memberikan yang terbaik untuknya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan 4 sehat 5 sempurna yang cocok sebagai sarapan anak sebelum berangkat sekolah.

1. Omelet Sayur dan Jus

Variasi menu pertama dari menyiapkan sarapan pagi untuk si anak yaitu omelet atau telur dadar. Dalam pembuatannya Anda dapat menambahkan beberapa macam sayuran seperti wortel dan brokoli. Hal ini tentunya dapat menambah gizi serta menjadi solusi untuk anak yang tidak suka makan sayur. Anda bisa menambahkan nasi putih dalam penyajiannya.

Olahan buah seperti jus menjadi salah satu bentuk olahan yang mudah dicerna dalam tubuh. Anda bisa memilih berbagai jenis macam buah setiap harinya. Buah mengandung serat, vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh anak. Selain menyehatkan jus juga menjadi minuman yang sangat menyegarkan.

2. Sandwich 

Sandwich menjadi salah satu menu sarapan pagi yang mudah untuk dibuat. Isian sandwich juga sangat bervariasi, seperti telur, ayam krispi, daging, sayuran dan keju. Hal tersebut menjadikan sandwich menjadi makanan bergizi seimbang karena didalamnya terdapat karbohidrat, protein, serta vitamin yang baik untuk tubuh.

3. Sup Daging

Rekomendasi makanan 4 sehat 5 sempurna selanjutnya adalah sup daging. Hal ini untuk mencegah rasa bosan pada anak. Anda juga dapat mengkreasikan makanan menjadi bentuk-bentuk yang disukai anak agar lebih menarik seperti, bentuk hewan atau benda kesayangan si anak. Salah satu yang juga bisa Anda berikan adalah sup daging.

Menyajikan sup dengan nasi putih hangat adalah salah satu menu sarapan bagi yang dapat menggugah selera. Pilihan daging yang bisa Anda gunakan yaitu ayam atau sapi. Kemudian kombinasikan dengan berbagai pilihan sayur seperti wortel, buncis, dan kentang sebagai pelengkap serta dapat menambah kandungan gizinya.

4. Ayam Goreng 

Sangat simple sekali bukan, Anda hanya tinggal membuat ayam goreng dan tambahkan nasi untuk melengkapi kebutuhan karbohidratnya. Jika ingin lebih menarik, Anda bisa menambahkan dengan tepung terigu untuk membuat ayam goreng tepung. Opsi lainnya yang lebih menarik adalah dengan membuat chicken drumstick.

Anda bisa merubah panir yang pada umumnya dibuat dengan tepung terigu, agar lebih sehat dan bergizi bisa diubah dengan menggunakan sereal atau havermut. Dengan begitu, Anda bisa menyajikan menu sarapan yang praktis dan bergizi, serta menggugah selera.

5. Nugget 

Sebagian besar anak-anak pasti menyukai nugget. Cobalah membuat nugget sendiri untuk sarapan anak-anak. Selain praktis, nugget juga memiliki kandungan gizi yang sangat cocok sebagai menu sarapan. Jadi, jangan lupa untuk selalu menyiapkan nugget di lemari es, agar saat dibutuhkan, hanya tinggal mengolahnya saja.

Sebenarnya Anda bisa membuat nugget sendiri, agar bisa mendapatkan nugget yang sehat tanpa kandungan bahan pengawet. Caranya adalah dengan membuat pure dari sayuran, kemudian blender dan tambahkan daging ayam. Bentuk sesuai keinginan dan simpan dalam lemari es, agar bisa bertahan lama.

6. Scrambled

Menu yang satu juga pasti sudah sangat terkenal, karena praktis dan juga memiliki kandungan gizi yang cukup. Anda bisa membuat scrambled dengan tambahan berbagai macam sayur, seperti bayam, wortel, jamur atau yang lainnya. Makanan yang biasa disebut orak-arik telur ini, sangat akan sangat membantu saat tidak memiliki waktu luang di pagi hari. 

Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan 4 sehat 5 sempurna yang bisa Anda coba. Semua jenis makanan yang telah disebutkan diatas sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. 

Ingin tahu apakah makanan yang anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *