Categories
Obat

Rekomendasi Obat Asam Urat di Apotik yang Manjur

Obat Asam Urat di Apotik

Memiliki riwayat asam urat bisa kambuh kapan saja. Nah, untuk mencegah hal ini kambuh dan apabila kambuh di tempat umum, maka Anda membutuhkan obat asam urat di apotik yang manjur. Salah satu obat asam urat yang direkomendasikan adalah allopurinol. Yuk, cari informasi lebih lengkap mengenai obat ini di bawah ini.

Apa itu Allopurinol?

Allopurinol adalah salah satu jenis obat yang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Kadar asam urat pada tubuh seseorang bisa meningkat karena dipengaruhi beberapa faktor.

Misalnya saja karena pola makan yang tidak sehat dan efek kemoterapi karena pengobatan kanker. Tidak hanya menyebabkan asam urat saja, kadar asam urat pada tubuh yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan munculnya penyakit batu ginjal.

Obat asam urat di apotik yang berbahan allopurinol ini tersebar menjadi beberapa produk. Diantara produk ini antara lain seperti Punoric, Puricemia, Sinoric dan juga Zyloric. Untuk Anda yang ingin membeli obat asam urat, Anda bisa menyebutkan merek dagang di atas agar lebih mudah.

Allopurinol juga memiliki manfaat untuk mencegah munculnya penyakit gout dan batu ginjal. Obat ini juga bisa dikonsumsi baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Ia juga hadir dalam bentuk tablet dan kapsul.

Obat ini sebelumnya pernah  diuji cobakan pada binatang dan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin. Hanya saja hingga saat ini belum dilakukan studi terkontrol untuk ibu hamil dan menyusui.

Efek Samping mengonsumsi Allopurinol

Sama halnya seperti obatan lainnya, allopurinol juga memilki efek samping yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk mengonsumsi nya. Adapun beberapa efek samping yang sering muncul diantaranya seperti diare, sakit perut dan kantuk.

Selain itu, efek samping dari obat ini juga bisa berubah menjadi serius seperti munculnya ruam pada kulit, iritasi mata, terdapat darah pada urine, mulut demam, kehilangan selera makan, pembengkakan pada bibir dan menurunnya berat badan drastis tanpa alasan yang jelas.

Dosis Allopurinol

Untuk Anda yang ingin mengatasi asam urat dengan menggunakan Alloprinol. Biasanya dokter akan memberikan dosis sebesar 100-900 mg yang bisa dikonsumsi per hari. Sedangkan untuk pasien terapi kanker, biasanya dosisnya 600-800 mg per hari selama 2-3 hari sebelum pasien melakukan terapi kemoterapi.

Sedangkan untuk Anda yang ingin mengonsumsi obatan ini untuk menghancurkan batu ginjal. Anda bisa mengonsumsi dengan dosis 200-300 mg per hari saja. Tentunya dosis ini bisa berubah sesuai dengan kondisi pasien itu sendiri yang dilihat dari tingkat keparahan dan respon tubuh.

Cara Tepat Mengonsumsi Allopurinol

Sebelum mengonsumsi obat asam urat ini, pastikan untuk selalu membaca terlebih dahulu setiap informasi yang tersaji pada kemasan dan ikuti petunjuk dokter. Obat ini ada baiknya dikonsumsi setelah makan dengan menggunakan air yang cukup untuk jenis obat tablet.

Pastikan juga jarak mengonsumsi obat cuku untuk mengonsumsi satu obat dengan obat berikutnya. Anda juga harus mengonsumsi obat ini pada jam yang sama setiap harinya untuk mendapatkan manfaat yang sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Selain itu, biasanya allopurinol juga dikonsumsi dalam jangka panjang sekitar dua hingga tiga bulan untuk melihat manfaatnya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengonsumsi di jam yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagaimana? Itu dia rekomendasi obat asam urat di apotik yang bisa Anda coba. Obat ini sangat ampuh dan bisa menurunkan asam urat lebih baik.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *