Categories
Anak Sehat Dunia Kesehatan

Sakit Saat Menyusui Pertama Kali? Ternyata Ini Lho Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Payudara seringkali merasakan sakit ketika pertama kali menyusui. Hal ini menurut penirumasliusa.com dan banyak orang dianggap sebagai hal yang wajar terjadi. Meskipun dianggap sebagai hal yang wajar, namun hal ini seringkali menimbulkan rasa yang tidak nyaman ketika sedang menyusui. Salah satu alasannya yaitu Anda mungkin belum paham mengenai tata cara dalam menyusui. Misalnya dari segi posisi sampai dengan teknik perlekatan antara mulut bayi dengan puting payudara.

Baca: Ciri Payudara yang Sehat

Kemunculan rasa nyeri dan sakit pada payudara seringkali disebabkan akibat kesalahan dalam menerapkan teknik  menyusui. Walaupun semakin sering Anda menyusui maka rasa sakit tersebut akan hilang dengan sendirinya. Jika rasa sakit tersebut tidak kunjung hilang maka Anda tidak boleh mengabaikan hal ini. Jika dibiarkan maka akan menimbulkan dampak buruk yang lebih parah. 

Penyebab Rasa Sakit Saat Menyusui

Saat pertama kali Anda menyusui dan merasakan sakit maka sebisa mungkin jangan pernah menghentikan pemberian ASI untuk bayi. Pada saat Anda merasakan sakit maka bisa beristirahat tidak menyusui terlebih dahulu kira-kira selama 24 jam sambil mencari tahu apa penyebab dari rasa sakit yang muncul tersebut.

Berikut ini ada beberapa daftar penyebab kemunculan rasa sakit ketika sedang menyusui, di antaranya: 

  1. Adanya Pembengkakan Pada Area Payudara

Di awal masa menyusui, pembengkakan pada bagian payudara memang dianggap sebagai hal yang wajar dan hal ini akan menjadikan diri Anda merasakan kencang pada area payudara. Dalam kondisi seperti ini maka akan menimbulkan rasa sakit ketika bayi menyusu. Jika sekiranya area payudara mengalami pembengkakan maka disarankan bagi Anda supaya mengompres bagian payudara supaya meminimalisir adanya pembengkakan.

  1. Posisi yang Tidak Tepat

Posisi menyusui ternyata juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dari ibu dan bayi selama menyusui. Bahkan posisi yang tidak tepat seringkali menimbulkan bagian puting terasa sakit. Pada posisi menyusui yang tepat yaitu dagu dan hidung bayi menyentuh bagian payudara dan untuk seluruh area payudara berwarna coklat tersebut akan masuk ke bagian mulut bayi.

  1. Puting Retak atau Kering

Penyebab rasa sakit selanjutnya yang tidak banyak diketahui oleh ibu yang baru menyusui pertama kalinya yaitu adanya puting yang retak ataupun kering. Kondisi ini sering kali disebabkan karena kulit terlalu kering dan hal ini seringkali menimbulkan kemunculan darah ketika menyusui pada pertama kali. Namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena darah hanya berjumlah sedikit saja.

  1. Adanya Infeksi Jamur

Pada biasanya payudara juga seringkali mengalami infeksi jamur yang ditimbulkan adanya penggunaan antibiotik dalam menangani jenis infeksi. Padahal adanya infeksi jamur yang terdapat pada payudara ataupun puting dapat meninggalkan rasa sakit ketika sang ibu menyusui. Untuk mengatasi hal ini maka Anda disarankan untuk menjaga kebersihan bagian puting supaya terhindar dari infeksi jamur.

  1. Mastitis

Kondisi mastitis juga seringkali disebut sebagai peradangan yang terjadi pada bagian payudara akibat adanya penyumbatan atau pembengkakan kelenjar payudara. Bagi ibu menyusui yang berada dalam kondisi ini tidak hanya merasakan sakit selama menyusui saja. akan tetapi juga seringkali mengalami demam dan bengkak pada area payudara.

Cara Mengatasi Rasa Sakit Saat Menyusui

Jika sekiranya Anda sudah mengetahui apa saja penyebab dari rasa sakit yang ditimbulkan selama masa menyusui, kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara yang bisa dilakukan supaya rasa sakit saat menyusui tersebut dapat diatasi dengan baik dan efektif. Berikut ini cara yang bisa Anda ikuti:

  1. Kompres dengan Air

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa sakit ketika menyusui yaitu dengan mengompres sebagian payudara menggunakan air dingin atau dengan air hangat. Lakukan cara ini selama payudara merasakan sakit saat menyusui. Dengan mengompres air maka bisa meredakan rasa sakit di bagian payudara.

  1. Konsumsi Banyak Air Mineral

Anda disarankan untuk mengkonsumsi air mineral dalam jumlah yang lebih banyak supaya rasa sakit tersebut dapat diminimalisir. Selain itu Anda juga disarankan untuk beristirahat lebih cukup. Cara ini memang sangat sederhana, namun Anda bisa merasakan sendiri perubahan yang terjadi pada rasa sakit di bagian payudara yang dapat diminimalisir.

  1. Perhatikan Posisi Menyusui

Saat menyusui tidak hanya memperhatikan dari segi kenyamanan sang bayi saja, akan tetapi untuk ibu menyusui juga harus memperhatikan dari segi posisi menyusuinya. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan rasa sakit yang ditimbulkan selama menyusui. Apabila posisi salah maka hal ini bisa berdampak rasa sakit yang dirasakan oleh ibu menyusui. 

Penting Vitamin B bagi Ibu Menyusui

Selain Itu Anda juga disarankan untuk menggunakan bra maupun pakaian khusus supaya tidak menekan bagian payudara. Ada baiknya jika menggunakan bra khusus menyusui dan gunakan pakaian yang longgar.

Walaupun rasa sakit selama menyusui dianggap sebagai hal yang wajar terjadi dan hampir semua ibu menyusui akan merasakannya, akan tetapi jika sekiranya rasa sakit tersebut tidak kunjung sembuh, maka silahkan mengkonsultasikannya kepada dokter. Dengan hal ini maka Anda bisa mengetahui apa saja yang menimbulkan rasa sakit tersebut. karena setiap orang mempunyai penyebab yang tidak sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *