Categories
Obat

Sebelum Mengonsumsinya, Cari Tahu Dulu Manfaat Allopurinol

Manfaat Allopurinol

Allopurinol? Mungkin nama itu masih terdengar sangat aneh di telinga kita. Namun bagi Anda yang menderita asam urat untuk obat ini sudah tidak asing. Manfaat allopurinol dapat mengatasi masalah asam urat bagi Anda yang memiliki gangguan asam urat ataupun artritis gout. Tetapi obat ini merupakan obat keras yang harus diawasi penggunaannya.

Efek Samping

Mungkin kita tidak banyak mengetahui efek samping dari obat ini. Obat tersebut tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang memiliki gangguan jantung. Tidak cuma jantung, orang yang memiliki gangguan pada ginjal dan hati juga tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi obat ini. Hal ini karena obat ini memiliki efek samping yang buruk jika dikonsumsi bersama obat tertentu.

Obat ini juga menimbulkan kantuk yang membuat Anda tidak bisa menyetir kendaraan setelah mengkonsumsi obat tersebut. Biasanya obat yang menimbulkan kantuk sudah ditulis atau disampaikan kepada pasien ketika diberikan.

Karena tergolong obat keras, penggunaan allopurinol sangat dibatasi bagi mereka yang membutuhkan. Namun apabila tidak maka obat ini tidak dianjurkan bagi anda. Efek samping lainnya adalah sakit perut ataupun diare. Terkadang muncul juga ruam kulit dan gatal-gatam tetapi itu hanya terjadi pada kasus alergi obat.

Menengok efek samping yang banyak seperti itu tentu kita akan berpikir apakah manfaat allopurinol juga cukup bagus? Apabila manfaatnya tidak sebaik itu maka pasti orang akan meninggalkan obat ini jauh-jauh. Efek samping yang dibawa beserta manfaatnya selalu memiliki kadar jangkauan yang sama ataupun manfaat yang cukup baik.

Manfaat dari Allopurinol

Bagi Anda yang memiliki asam urat tentu saja pernah mendengar obat ini. Ya, obat tersebut merupakan salah satu obat asam urat. Selain itu obat ini juga dapat mengobati arthritis gout. Istilah bagi Anda yang memiliki asam urat tinggi pasti direkomendasikan oleh dokter Anda untuk mengkonsumsi obat ini.

Memang kalau kita melihat manfaat dari obat ini sangat besar. Anda bisa bayangkan ketika anda badan pegal-pegal dan akan tambah nyeri ketika dingin maka satu-satunya ingin anda atasi adalah nyeri tersebut. Sayangnya obat pereda nyeri hanya akan berefek sementara, maka dari itulah anda perlu mengkonsumsi allopurinol.

Mengkonsumsi obat ini akan membuat asam urat yang ter kristal di sendi-sendi kita hilang. Secara otomatis kita akan mendapatkan kaki yang lebih enteng serta tidak nyeri lagi. Bagi penderita artritis gout, obat ini juga sangat berdampak pada nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut.

Radang sendi biasanya memang berpengaruh sangat besar bagi seseorang, maka dari itulah kita perlu mengatasinya tidak hanya melalui satu obat saja. Ada beberapa obat lain yang digunakan untuk mengobati radang sendi tapi allopurinol adalah salah satu yang terpenting.

Dosis

Dosis yang tepat untuk penggunaan obat ini adalah dosis yang disarankan oleh dokter kepada pasien penerima obat tersebut. Dosis yang tepat untuk saja menggunakan perhitungan berat badan serta tingkat kekerasan obat. Kita tidak bisa mengatakan bahwa obat tersebut memiliki dosis sekian, hal itu dapat terbilang rancu.

Apabila pasiennya adalah anak kecil ataupun lansia yang berat badannya sangat kecil, maka dosis yang diberikan juga akan cenderung lebih sedikit. Apalagi jika kita sudah mengkonsumsi obat lain. Tentu saja dari saya akan diberikan berbeda.

Hal tersebut guna mengurangi interaksi antar obat. Atau mungkin overdosis yang bisa terjadi pada seseorang. Maka dari itu alangkah baiknya jika kita bertemu dengan dokter dalam membeli obat ini. Tentu saja dokter selalu mempertimbangkan resiko harus lebih kecil dibandingkan manfaat allopurinol.

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antre. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *