Categories
Obat

Sedikit Membahas Benzalkonium Chloride

Produk benzalkonium chloride adalah produk desinfektan dan antiseptik yang sekarang banyak beredar di pasaran. Senyawa ini memiliki manfaat untuk menghambat pertumbuhan jamur, bakteri, hingga virus. Selain itu, senyawa ini juga begitu banyak digunakan sebagai pembersih luka dan bisa mencegah adanya infeksi.

Sebagai antiseptik, produk ini sudah banyak membantu manusia. Bahkan obat ini dijual secara bebas karena dinilai aman bagi anak-anak dan juga orang dewasa. Langsung saja kita bahas mengenai obat senyawa antiseptik ini.

Informasi

Benzalkonium klorida sampai sekarang ini sudah banyak dimanfaatkan bagi kehidupan sehari-hari dan dijadikan sebagai desinfektan dan antiseptik. Obat ini biasa disebut dengan BACs dan berguna melawan pertumbuhan jamur, bakteri dan virus. BACs pun digunakan untuk pencegahan korosi.

Bahkan infeksi kulit juga bisa dicegah dengan obat ini. Tapi harus diperhatikan juga jika ingin menggunakan senyawa ini bagi anak-anak harus sesuai anjuran dan dengan resep dokter. Terlebih jika terdapat kondisi kesehatan yang tengah dialami pasien.

BACs pun digunakan untuk mengawetkan produk tetes telinga, tetes mata, hingga semprotan hidung. Selain itu senyawa ini digunakan sebagai bahan produk shampoo mengatasi dermatitis seboroik. Sudah bisa dipastikan BACs punya banyak fungsi yang memang sudah sifatnya untuk bahan antiseptik.

Dosis

Dalam menggunakan sebuah produk obat sudah pasti harus sesuai dengan anjuran dokter. Benzalkonium chloride adalah obat dengan berbagai kegunaan. Dosis sudah pasti harus sesuai dengan tujuan dalam penggunaannya. Berikut ini merupakan dosis dan aturan pemakaian BACs yang harus diperhatikan.

1. Membersihkan luka

BACs bisa digunakan sebagai pembersih luka. Untuk masalah ini dibutuhkan 0,02-0,1% sebagai pembersih kulit, selaput lendir dan luka. Namun untuk masalah luka dalam membutuhkan dosis sebesar 0,005%.

2. Desinfektan instrument

Produk ini juga bisa digunakan sebagai pembersih instrument atau alat-alat bedah. Dosis yang dibutuhkan untuk itu adalah 0,13%.

3. Bahan pengawet

Untuk bahan pengawet tetes mata maka membutuhkan dosis sebesar 0,1-0,02%. Jika untuk mengawetkan semprotan hidung dan tetes telinga maka membutuhkan dosis sebesar 0,002-0,2%.

4. Shampo dank rim

Jika digunakan sebagai shampoo untuk dermatitis seboroik, kadar yang dibutuhkan sebesar 0,2-0,5%. Bahkan bisa juga digunakan sebagai bentuk krim yang digunakan mengatasi ruam kulit dengan kadar 0,13%.

5. Membersihkan daerah kewanitaan

Bagi perempuan, daerah kewanitaan bisa dibersihkan dengan menggunakan senyawa BACs. Untuk hal tersebut membutuhkan dosis 0,02-0,05%.

Efek Samping

Benzalkonium chloride adalah senyawa yang tentu saja dapat menimbulkan efek samping. Karena itulah penggunaannya tidak boleh sembarangan dan harus lewat resep dokter. Berikut ini beberapa efek samping yang bisa saja terjadi.

·         Terdapat gejala infeksi

·         Kejang

·         Gelisah

·         Kulit kemerahan

·         Pembengkakan pada wajah, kaki dan tangan

·         Gatal pada kulit

·         Sesak napas

·         Otot mengalami kelumpuhan

·         Suara serak

·         Kerusakan kornea mata

Itulah beberapa efek samping yang mungkin saja terjadi dalam penggunaan senyawa BACs ini. Jika terdapat indikasi efek samping seperti di atas, konsultasikan kepada dokter. Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan dalam penggunaan senyawa satu ini.

Ikuti petunjuk dari dokter dalam penggunaan senyawa benzalkonium klorida. Selama mengikuti petunjuk yang ada maka bisa terhindar dari risiko efek samping. Benzalkonium chloride adalah senyawa yang memiliki berbagai manfaat dan bisa didapatkan secara bebas.

Jika ingin tebus resep obat tanpa antri, unduh aplikasi Lifepack. Gunakan Play Store dan App Store sehingga dengan mudah mendapatkan obat yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *