Categories
Tips Sehat

Seperti Apa Vitamin C dalam Tubuh Kita Berfungsi? Ini Penjelasannya

Vitamin C dalam Tubuh Kita Berfungsi

Vitamin C atau yang dikenal dengan sebutanĀ  asam askorbat merupakan salah satu jenis nutrisi yang diperlukan oleh tubuh tetapi tidak diproduksi oleh tubuh. Buah-buahan, sayuran segar, hingga suplemen vitamin C merupakan sumber vitamin C yang dapat Anda konsumsi. Begini vitamin C dalam tubuh kita berfungsi.

1. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Pada dasarnya zat besi merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam proses produksi sel darah merah yang kemudian menyalurkan oksigen menuju ke seluruh tubuh.  Mengonsumsi vitamin C baik dalam bentuk makanan atau suplemen dipercaya dapat membantu Anda meningkatkan kadar zat besi di dalam darah.

Berdasarkan sebuah penelitian pada tahun 2010 lalu telah dikatakan bahwa vitamin c bagi tubuh memberikan fungsi untuk meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan yang Anda konsumsi. Selain itu vitamin C juga bekerja dalam mengubah zat besi menjadi bentuk yang lebih mudah diserap oleh tubuh Anda.

2. Mempertajam Daya Ingat

Perlu Anda ketahui bahwa vitamin C dalam tubuh kita berfungsi untuk mempertajam daya ingat. Meningkatnya risiko kesulitan berpikir dan mengingat biasanya terjadi akibat stres oksidatif di sekitar otak, pusat syaraf, dan tulang belakang. Vitamin C akan sangat diperlukan dalam kondisi seperti ini.

Telah terbukti dalam sebuah penelitian orang yang mengonsumsi vitamin C hanya dalam jumlah rendah memiliki kesulitan berpikir dan mengingat. Asupan vitamin C yang terpenuhi baik dari makanan sumber vitamin C maupun dari suplemen vitamin C mampu memberikan efekn perlindungan pada daya pikir Anda.

3. Mengoptimalkan Imun Tubuh

Vitamin C di dalam tubuh berperan sangat penting bagi sistem imun. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan asupan vitamin C dalam tubuh selalu terpenuhi untuk memperkuat pertahanan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Imun tubuh merupakan pertahanan alami yang dimiliki tubuh.

Nutrisi berupa vitamin C memiliki peran penting dalam sistem pertahanan kulit sebagai antioksidan dan menguatkan perlindungan kulit. Luka pada kulit dapat sembuh dalam waktu yang lebih singkat dengan asupan vitamin C dalam tubuh yang terpenuhi dengan baik. Bagi tubuh keseluruhan vitamin C  berperan dalam produksi sel darah putih yang kemudian dapat melindungi tubuh dari infeksi.

4. Mencegah Asam Urat

Asam urat merupakan produk sisa dari proses pencernaan tubuh. Kadar asam urat yang tinggi di dalam darah mengakibatkan inflamasi pada persendian yang disebut dengan penyakit asam urat. Sebuah penelitian menunjukkan terdapat penurunan level asam urat di dalam darah pada mereka yang terpenuhi asupan vitamin C nya.

Memiliki kadar vitamin C yang tinggi dalam darah dapat menurunkan risiko Anda terserang stroke. Dalam penelitian lainnya juga telah ditemukan fakta bahwa banyak mengonsumsi vitamin C mampu meningkatkan level antioksidan dalam tubuh hingga 30% yang kemudian bermanfaat untuk melawan inflamasi penyebab penyakit kronis.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Terkait dengan risiko penyakit jantung, vitamin C perlu dikonsumsi setidaknya 500 mg setiap harinya. Pada dasarnya risiko penyakit jantung dapat meningkat seiring meningkatnya level kolesterol jahat dan rendahnya level kolesterol baik di dalam tubuh Anda.

Itulah 5 peran vitamin C dalam tubuh kita berfungsi. Untuk menghindari berbagai macam serangan penyakit Anda perlu memastikan bahwa kebutuhan asupan vitamin C di dalam tubuh Anda terpenuhi. Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang paling efektif bagi tubuh.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Cari tahu rekomendasi vitamin harian Anda, nduh aplikasi Jovee. Melalui aplikasi ini Anda dapat memperoleh rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Segera dapatkan melalui Google Play Store maupun App Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *