Categories
Dunia Kesehatan

Suplemen Dopamin Dan Cara Meningkatkan Kesenangan Pada Tubuh

Sudah menjadi suatu hal yang wajar jika setiap manusia pasti pernah mengalami kebahagiaan atau rasa senang, baik itu datangnya melalui cinta, karena pujian atau kabar gembira yang lainnya. Studi menyebutkan bahwa kebahagiaan tersebut berasal dari hormon dopamin yang ada dalam tubuh. Sekarang ini, sudah terdapat juga suplemen dopamin yang juga mampu memberikan rangsangan untuk menstimulasi kebahagiaan pada perasaan manusia.

Melalui adanya hormon dopamin yang meningkat dalam tubuh, maka akan memberikan rangsangan kepada suasana yang bersifat positif. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada aktivitas fisik yang dijalani, sehingga menjaga hormon dopamin membantu dalam kegiatan sehari-hari.

Manfaat Dopamin

Sebagai neurotransmitter, dopamin ini tugasnya menyampaikan pesan antara sel saraf. Bersama dengan serotonin, oksitosin dan endorfin. Dopamin dikenal sebagai hormon yang memengaruhi rasa senang dalam tubuh, sehingga kehadiran dopamin diperlukan oleh tubuh. Beberapa manfaat lain adanya dopamin ini yakni:

  • Mampu memotivasi diri, karena memberikan pengaruh positif, maka dopamin dapat bermanfaat untuk memberikan motivasi pada diri.
  • Membangun suasana hati yang baik, melalui dopamin, suasana hati dapat senantiasa terbangun dengan baik.
  • Detak jantung, adanya dopamin juga memacu jantung untuk berdenyut secara teratur, karena efek bahagia dan senang yang dihasilkan.

Kurangnya dopamin dalam tubuh akan menimbulkan beberapa efek yang dapat membahayakan kesehatan tubuh, di antaranya:

  • Kurang berkonsentrasi akan sesuatu hal, dikarenakan kadar dopamin yang tidak seimbang.
  • Kurang adanya motivasi dari dalam diri, sehingga kurang mampu berkembang atau berubah menjadi lebih baik.
  • Kurang bergerak, karena suasana hati tidak memberikan rangsangan untuk bergerak.

Cara Meningkatkan Dopamin

Guna mencegah beberapa efek buruk yang ditimbulkan oleh kurangnya hormon dopamin dalam tubuh tersebut, berikut ada beberapa cara untuk meningkatkan dopamin dalam tubuh. Di antaranya:

  1. Menerapkan pola makan yang sehat,

Dalam hal ini dapat dilakukan dengan banyak mengonsumsi tirosin, yakni salah satu dari jenis asam amino. Dimana pada saat tirosin masuk ke dalam tubuh, maka asam amino akan mengalir ke otak dan melepaskan neuron yang mengubahnya menjadi dopamin. Pola makan yang sehat juga diperoleh dengan konsumsi protein yang tinggi. Hal ini karena pembentukan tirosin yang nantinya menjadi dopamin berasal dari zat yang bernama fenilalanina.

  1. Menerapkan pola hidup sehat.

Penerapan pola hidup sehat dapat dilakukan dengan memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk terkena paparan sinar matahari, sehingga sensitivitas terhadap dopamin menjadi meningkat. Sinar matahari mampu memberikan kemampuan bagi tubuh untuk menyerap dopamin lebih banyak. Selain itu, penerapan meditasi juga diperlukan untuk merelakskan anggota tubuh, dimana dopamin akan merangsang tubuh untuk bergerak.

  1. Mengonsumsi suplemen.

Kini telah banyak dijumpai suplemen yang mampu meningkatkan hormon dopamin dalam tubuh. Lewat suplemen dopamin tersebut, maka kandungan hormon dopamin akan meningkat dan memberikan efek rasa senang dan juga kebahagiaan serta memberikan nuansa positif pada tubuh manusia.

Suplemen dopamin tersebut kini dapat diperoleh melalui online maupun melalui beberapa apotek yang tersedia. Dengan menggunakan suplemen, maka tubuh akan terstimulus menjadi positif dan senang.

Demikian tadi beberapa informasi yang terkait dengan dopamin, serta cara meningkatkannya dalam tubuh manusia. Lewat kehadiran suplemen dopamin tadi, dapat bermanfaat untuk meningkatkan perasaan senang dan juga positif yang ada dalam tubuh.

Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dan dapatkan suplemen dan juga vitamin terbaik hanya dari aplikasi Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *