Categories
Uncategorized

Tanda-Tanda dan Gejala Asam Urat yang Harus Diwaspadai

gejala asam urat

Asam urat sering dianggap sebagai penyakit orang tua atau orang yang sudah berusia lanjut. Namun sebenarnya penyakit ini juga bisa diderita oleh semua orang tanpa memandang usia. Baik pria maupun wanita sama-sama memiliki risiko penyakit ini. Nah sebelum itu penting bagi Anda untuk mengetahui tanda dan gejala asam urat yang harus diwaspadai. 

Rasa Nyeri yang Parah Pada Area Sendi

Rasa nyeri sendi merupakan salah satu gejala asam urat yang umum terjadi ketika kadar asam urat dalam darah tinggi. Kondisi ini disebabkan karena ginjal sudah tidak mampu mengolah asam urat yang terlalu banyak. Asam urat yang tidak terolah nantinya akan menumpuk di persediaan dan mengeras sehingga menjadi kristal. 

Kristal inilah yang menyebabkan sendi mengalami peradangan dan rasa nyeri yang hebat. Bagian sendi yang sering mengalami nyeri hebat akibat kadar asam urat yang tinggi adalah lutut, jempol kaki, siku, pergelangan kaki dan ibu jari. Nyeri ini bisa terjadi secara tiba-tiba. Nyeri akibat asam urat umumnya terjadi pada malam hari ketika tidur. 

Bagian Sendi Menjadi Bengkak dan Lunak

Ciri-ciri nyeri akibat kadar asam urat yang tinggi juga bisa dilihat dari penampilan persendian yang mengalami masalah. Sendi yang mengalami masalah karena kadar asam urat yang tinggi adalah terlihat bengkak dan terasa lunak ketika ditekan. Kondisi yang satu ini juga bisa disebabkan karena dua alasan. 

Alasan pertama yakni karena jaringan pelapis sendi yang bernama sinovium menjadi membengkak. Alasan kedua yakni karena cairan sinovial atau pelumas sendi jumlahnya menjadi meningkat. Kedua kondisi tersebut menandakan sedang terjadinya proses peradangan aktif di mana sel-sel darah putih masuk banyak dalam sendi

Kulit Pada Bagian Sendi yang Sakit Berwarna Kemerahan

Bagian sendi yang mengalami masalah tak hanya bengkak dan nyeri saja, namun kulit pada bagian tersebut juga akan berubah warna menjadi merah terang. Kondisi yang satu ini juga bisa menjadi salah satu tanda gejala asam urat tinggi yang harus diwaspadai. 

Dalam jumlah yang normal asam urat akan dibuang melalui air kencing. Namun ketika tubuh terlalu banyak menghasilkan asam urat, ginjal akan kesulitan memprosesnya. Kelebihan dan penumpukan asam urat nantinya akan membentuk kristal di persendian. Hal inilah yang menyebabkan peradangan dan rasa nyeri yang hebat pada area tersebut. 

Ketika terjadi peradangan pada area sendi tersebut, darah akan meningkat dan berjalan menuju ke bagian sendi yang terkena. Hal ini sering disebut sebagai vasodilatasi. Pada akhirnya kulit pada bagian sendi yang mengalami peradangan tersebut akan berubah warna menjadi kemerahan. 

Rasa Panas Pada Area Sendi yang Terasa Nyeri

Gejala masalah asam urat yang tinggi juga bisa menyebabkan persendian menjadi bengkak, kemerahan, dan terasa panas. Sensasi panas yang muncul pada area persendian ini terjadi karena efek dari proses peradangan. Proses peradangan akan memicu sistem imun tubuh untuk melepaskan protein kecil ke jaringan lunak di sekitar sendi. 

Tak hanya itu saja zat penyebab peradangan juga akan mengakibatkan cairan di sekitar sendi menjadi berkumpul. Kondisi yang satu ini tentu akan membuat aliran darah menjadi meningkat sehingga sendi menjadi bengkak dan terasa hangat atau bahkan terasa terbakar. 

Nah itu dia beberapa gejala asam urat yang umum dirasakan. Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter sebelum kondisinya semakin parah. Nantinya dokter akan mendiagnosis dan memberi pengobatan yang tepat sebelum kondisinya semakin parah. 

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *