Categories
Uncategorized

Tanda-Tanda Melahirkan Yang Perlu Bunda Pahami

Proses persalinan menjadi sebuah tanda akhir kehamilan. Lalu hal ini sendiri yang bisa membuat ibu menjadi bahagia sekaligus juga merasa gugup. Tiap ibu yang melahirkan pun maka wajar jika merasa khawatir tentang proses persalinan. Maka dari itu, mencari tanda-tanda atau ciri melahirkan penting untuk mendapatkan ragam gambaran kapannya persalinan dimulai.

Meski pun HPL atau hari perkiraan kelahiran bisa ditentukan oleh pihak dokter kandungan, tetapi bisa saja sang ibu hamil tersebut mengandung janin lebih lama. Bisa bahkan cepat dari waktu perkiraan. Meski pun persalinan tepat tersebut sulit untuk kita prediksi, namun beberapa tanda bisa menunjukkan apakah ibu melahirkan sehari, dua hari, seminggu, atau pun beberapa minggu. Berikut ini ada beberapa tanda umum akan melahirkan.

Bayi lebih terasa khususnya di area bawah panggul

Pada saat beberapa jam sampai beberapa hari atau minggu sebelum proses persalinan dimulai untuk kehamilan yang pertama kali, ibu akan merasa bayinya jatuh pada posisi lebih rendah. Yaitu di bagian panggulnya. Dari tanda ini maka berarti Hock bayi tersebut telah memasuki area posisi kepala pada persiapan kelahiran. Hal ini berlaku pada perempuan yang sudah pernah melahirkan, maka kemungkinan telah memahami ciri melahirkan tersebut.

Pada saat bayi sudah berada pada posisi rendah, maka hal ini bisa memudahkan kondisi tekanan diafragma si ibu. Sehingga membuatnya bisa lebih mudah lagi bernapas. Tapi hal ini akan memberi juga tekanan yang lebih besar di panggul dan juga kandung kemih. Maka keinginan berkemih lebih sering juga. Selain itu, bagian perut perempuan tampak lebih menonjol dan juga lebih rendah. Tentunya ada masih banyak lagi tanda akan melahirkan lainnya.

Pecahnya air ketuban

Ada lagi tanda lain yaitu pecahnya air ketuban. Janin yang berkembang dan tumbuh di dalam rahim seorang perempuan maka dikelilingi cairan ketuban tentunya. Saat kantung yang memiliki cairan pelindung tersebut pecah, maka hal ini merupakan sebuah tanda ciri melahirkan yang penting dipahami bahwa seseorang hendak melahirkan.

Jika memang ini terjadi, hubungi pihak dokter kandungan serta jika memungkinkan bisa segera ke rumah sakit atau bidan terdekat. Agar bisa menentukan kapannya bayi tersebut akan lahir. Lalu setelah air ketubannya pecah, maka bayi otomatis tak lagi dikelilingi cairan pelindung serta bisa berisiko juga terkena infeksi. Hal ini yang bisa menyebabkan bidan atau dokter menentukan bayi lahir pada satu atau pun dua hari lagi ke depan.

Nyeri punggung di bagian bawah

Ada lagi tanda lain yaitu nyeri punggung yang sering selama kehamilan. Hal ini karena persendian serta ligamen secara alami menjadi mengendur untuk sebagai persiapan persalinan. Tapi meski pun si ibu hamil merasakan nyeri pada saat kehamilan, nyeri bagian punggung ini sebelum persalinan akan berbeda dan juga terasa tidak nyaman.

Pada saat persalinan 24 hingga 48 jam ke depan, maka rasa sakitnya mungkin makin memburuk di area punggung bawah. Bisa juga bahkan menyebar ke bagian panggul. Dengan memindahkan posisi tubuh tak bisa memberikan rasa yang nyaman dan juga akan terus nyeri ini terasa sampai seusai melahirkan. Bagi anda para bunda yang tengah hamil, maka lebih baik pahami berbagai macam ciri melahirkan di atas.

Jangan sampai ketinggalan tren dan informasi terbaru. Anda bisa simak info selengkapnya hanya di Ngovee. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Ngovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *